Perawatan Burung Kenari Lancashire

Perawatan Burung kenari Lancashire disebutkan bahwa kenari ini adalah jenis kenari yang terbesar di Inggris. Jenis ini sekarang sudah jarang ditemu kan dalam bentuk aslinya. Burung ini lebih banyak disilang kan dengan jenis lain untuk mendapatkan badan yang besar. Jenis ini ada yang memiliki mahkota atau jambul yang di sebut lancashire coppy, dan ada pula yang kepalanya polos dan disebut lancashire plain head.


 PERAWATAN

Burung kenari sangat mudah dirawat dan membutukan ruang yang tidak besar untuk membuat mereka tetap aktif dan sehat. Seekor kenari sangat tergantung dari cara pemilik merawat dan dapat hidup antara sepuluh sampai empatbelas tahun, jika dirawat dengan baik dan benar. Cara merawat kenari ala orang Rusia akan ditulis di bawah ini dan kenari akan hidup sehat, aktif dan berproduksi bila pemilik memberikan pakan berkomposisi benar, merawat dengan benar untuk menghindari penyakit, cukup ruang untuk terbang dan beraktifitas dan dipelihara di ruang yang aman dan bercahaya.

http://situsmerawatburung.blogspot.com 
BERTERNAK

Banyak peternak membuat kesalahan dengan berpikir bahwa berternak kenari adalah hal yang mudah. Mereka berpikir “Anda hanya membutuhkan seekor kenari jantan dan betina, mencampurnya dalam sebuah sangkar dengan sebuah sarang dan biarkan alam yang akan mengatur.” Berternak kenari yang keesokan harinya akan mampunyai lagu yang indah bukannya hal yang dipengaruhi oleh rejeki. Hal yang terpenting agar sukses berternak adalah factor genetik.

PAKAN

Kenari secara ekstrim mudah untuk makan, kenari membutuhkan pakan yang seimbang antara protein, karbohidrat, lemak, mineral dan vitamin. Bijian adalah pakan pokok bagi kenari. Hari ini banyak produsen pakan kenari yang menghasilkan pakan bijian siap pakai. Campuran bijian ini biasanya memakai canary seed, biji sawi, hemp seed (biji rami, di sini sering disebut fumayin), niger seed dan flex seed (di sini sering disebut lin seed, dari bahasa belanda: lijn zaad). Penulis setuju bahwa pakan ini adalah baik tetapi dia membuat campuran bijian sendiri dengan perbandingan: 35% biji sawi, 35% canary seed, 10% haver (biji gandum), 10% millet putih, 5% flax seed dan 5% niger seed, campuran ini diberikan setiap hari sebanyak 1 sendok teh.

Seperti pada burung peliharaan lain, burung kenari membutuhkan lebih daripada campuran bijian ini saja. Sayur hijauan (daun selada, bayam dan brokoli), wortel dan buah (apel, buah pear atau strawberry) diberikan sebagai tambahan setiap hari dan sekali seminggu diberikan telur yang telah dicampur dengan tepung roti dan hemp seed.

Tambahan protein sangat diperlukan selama musim kawin, pada musim ini perlu ditambah sejumlah canary seed dalam pakan bijian. Kecambah dari bijian juga diberikan sebagai tambahan protein dan enerji di waktu menjodohkan burung. Grit harus disediakan sepanjang waktu. … (soal kecambah dan cara membuatnya akan saya tulis belakangan)

Air minum harus tersedia kapan saja dan diganti setiap harinya. Jika seekor kenari hidup tanpa air lebih dari enambelas jam kemungkinan besar nyawanya tidak akan tertolong lagi. Air minum seyogyanya diberikan dari air yang bersih atau bermineral.

SANGKAR

Burung kenari harus dipelihara dalam sangkar yang cukup besar untuk keterbatasan mereka terbang dan paling tidak mempunyai dua tangkringan. Sangkar kenari yang ideal untuk harian minimal berukuran panjang 40 cm, lebar 202cm dan tinggi 25 cm. Sangkar berbentuk kotak sangat dianjurkan karena sangkar ini memberikan ruang terbang yang lebih luas, sangkar berbentuk bulat sangat tidak ideal. Tangkringan dapat dibuat dari berbagai macam bahan tetapi yang dianjurkan adalah dari kayu yang lunak. Kenari betina, kenari ngurak dan anakan harus dipelihara dalam sangkar umbaran (voliere), terutama bagi anakan harus dipelihara sampai selesainya ganti bulu muda. Sangkar umbaran dianjurkan minimal berukuran 100 x 45 x 50 cm.

KESEHATAN DAN KEBERSIHAN

Sangkar harus tetap bersih, membersihkan sangkar dan tangkringan dianjurkan setiap seminggu sekali. Hal lain yang penting adalah pakan dan minum harus bersih setiap saat, juga selalu memberikan tempat mandi. Perlu diingat bahwa tempat mandi dan air minum harus diawasi agar tetap bersih.

LINGKUNGAN

Tempatkan sangkar di daerah yang terang atau banyak cahaya. Kenari sensitive terhadap gas dan racun lainnya. Berhati-hatilah dengan pengharum udara, pewangi, parfum dan bahan lain yang mudah menguap. Dapur bukanlah tempat yang tepat untuk memelihara kenari.